PERANCANGAN VISUALISASI TIGA DIMENSI (3D) PESAWAT LEPAS LANDAS
Penelitian ini membahas pemodelan dalam
bentuk 3D dengan mengambil objek pesawat terbang sebagai
objek utama. Membuat benda pesawat terbang dibuat semudah
mungkin oleh penulis menggunakan benda standar 3D dan
berubah bentuk. Dalam pemodelan ada tambahan efek khusus
agar terlihat lebih atraktif. Perangkat lunak yang digunakan
untuk pembuatan model pesawat adalah Unity 3D. diharapkan
pembuatan model pesawat model 3D akan bermanfaat bagi
pembaca, terutama penggemar animasi model 3D. Dengan
demikian teknik pemodelan menggunakan Unity 3D maka
objek animasi yang menghasilkan kelancaran dan sangat cocok
untuk pembuatan model organik.
Animasi 3D, Model 3D, Unity 3D. Pesawat.
Perkembangan teknologi multimedia yang pesat berdampak pada penggunaan teknologi multimedia dalam dunia pembuatan animasi. Terdapat beberapa jenis animasi yang sering diproduksi mulai dari animasi 2D atau animasi 3D yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai sifat seperti aslinya. Model animasi 3D merupakan salah satu jenis model animasi yang masih banyak dibuat dan diproduksi hingga sekarang. Pesawat terbang merupakan salah satu hasil dari pengembangan teknologi transportasi terbaru. Pesawat terbang harus melewati udara yang labil dan berubah-ubah setiap saat dan mendadak, sehingga dibutuhkan pengontrolan yang dapat bertahan dari gangguan yang mendadak dan labil. Lepas landas merupakan fase awal dalam setiap penerbangan dimana pesawat diam di runway yang kemudian diberikan suatu gaya (thrust) dari engine sehingga pesawat bergerak hingga mencapai ketinggian (screen height) tertentu. Pada fase ini yang sering dilakukan analisis adalah jarak dan waktu yang diperlukan untuk lepas landas. Jarak dan waktu tempuh saat lepas landas dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar seperti kondisi runway dan elevasi bandara. Selain kondisi sekitar, jarak lepas landas juga dipengaruhi oleh konfigurasi dari pesawat saat lepas landas seperti berat konfigurasi flap yang digunakan.
Dalam analisis ini pesawat dianggap sebagai suatu titik
massa yang terkonsentrasi pada titik berat pesawat tersebut
dimana karakteristik pesawat harus diberikan secara lengkap
sebagai data informasi tersebut akan dimasukkan dalam
persamaan gerak pesawat saat lepas landas.
Dalam penelitian ini, akan menghasilkan nilai parameter
lepas landas dari pesawat terbang hingga mencapai ketinggian
yang sudah ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk
merancang lepas landas pesawat terbang (take-off) tanpa awak
menggunakan software Unity 3D yang diharapkan dapat
memberikan visualisasi yang baik untuk tampilan dan proses
kerja pesawat. Dalam penelitian ini juga dikaji tentang
bagaimana membuat model pesawat dan visualisasi pesawat
lepas landas secara utuh.
Adapun penelitian dan desain sejenis diantaranya beberapa
penelitian yang berkembang untuk lepas landas pesawat
terbang adalah perancangan model pesawat diperlukan
blueprint untuk arahan agar model sesuai dengan pesawat
aslinya sedangkan dalam pembuatan model bandara diperlukan
rancangan untuk tata letak runway, apron dan gedung
terminalnya dan pada video animasi telah terdapat pergerakan
pesawat dari apron menuju runway dan dari runway menuju
apron terdapat sekilas tentang pengetahuan manajemen
bandara.
Aplikasi simulasi 3D pesawat terbang dengan pengontrolan
joystick dapat dengan mudah dikendalikan oleh pengguna
dengan presentase sebesar 85% dan pengiriman data serial bisa
dilakukan dengan software blender dengan menambahkan
library serial.
Perangkat lunak 3Ds Max digunakan untuk merancang atau
memodelkan pesawat terbang dan pemodelan pesawat terbang
menggunakan pre produksi yaitu dengan membuat blueprint
terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan tahap produksi
dengan pemodelan.
Gerakan dari simulasi akan sesuai dengan variabel yang
dikirimkan karena simulasi yang dibuat terdapat sistem yang
melakukan perbandingan antara variabel yang dikirimkan pada
objek serta pemakaian jenis Graphics Card yang tidak
menggunakan 3D akan mempengaruhi kinerja dari simulasi
yang akan mengakibatkan pergerakan objek menjadi lambat.
Software Blender dapat digunakan untuk merancang model
pesawat dan model 3D pesawat terbang menggunakan metode
NURBS Modeling dalam proses produksinya.
Unity 3D merupakan sebuah game developing software
yang selain bisa untuk build game PC, Unity 3D juga dapat
digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo
Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone dan Android.
Kesimpulan :
Perancangan serta pembuatan pesawat terbang ini mulai
dari analisis kebutuhan, implementasi serta pengujian
keseluruhan dapat menghasilkan objek pesawat terbang 3D
dengan pengontrolan pada pesawat terbang untuk lepas landas.
Dan juga dapat memberikan edukasi yang positif sebagai media
pembelajaran bagi para pilot dikarenakan tampilan akan
membuat suasana pembelajaran menjadi tidak monoton.


0 Comments: